fisip jambore

Jambore Fotografi Nasional UKM Klise-FISIP Unswagati

CIREBON-Even besar akan digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati). Kali ini, FISIP Unswagati yang di dalamnya mewadahi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Klise pada Selasa-Sabtu (18-22/10) akan menggelar Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI) dibuka di Gedung Korpri Cirebon. Selanjutnya kegiatan akan digelar di beberapa lokasi di Kota Cirebon seperti Keraton Kasepuhan dan Gua Sunyaragi.

Dekan FISIP Unswagati Dr H Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si mengapresiasi kegiatan mahasiswa yang diwadahi Klise FISIP Unswagati tersebut. Diharapkan selain menambah wawasan para peserta dan masyarakat Cirebon pecinta fotografi juga sebagai bentuk promo Unswagati dan Cirebon kepada masyarakat luas. “Ini kegiatan yang sangat baik bagi dari sisi akademis maupun pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam susunan agenda acara yang ada selain dihadiri Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata MP juga mengundang Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis SH, dan Gubernur Jawa Barat H Ahmad heryawan, Lc. Berkaitan dengan kegiatan JFMI tersebut seperti dikutip dari cirebontrust.com merupakan sebuah wadah silaturahmi komunitas fotografi dari seluruh kota di Indonesia. Menurut Ketua Pelaksana Muhammad Khasbi Fikri pelaksanaan nantinya akan diisi oleh berbagai kegiatan seperti workshop, hunting bersama, lomba foto hingga pentas seni akan mengisi kegiatan yang akan berpusat di gedung kesenian Nyi mas Rarasantang Kota Cirebon.

“Hari pertama kita workshop pembekalan materi fotografi untuk perlombaan yang akan dilaksanakan di Keraton Kasepuhan. Setelah itu kami akan menuju Gua Sunyaragi menyaksikan pentas seni seperti tari topeng, ronggeng bugis, dan sintren,” ujar Khasbi. Peserta juga di hari kedua para peserta akan diajak ke pabrik genteng Jatiwangi untuk hunting foto story, melihat dari awal proses pembuatan genteng hingga jadi dan dilanjutkan pentas seni dari Hanyaterra, salah satu band indie asal Jatiwangi yang bermain musik menggunakan genteng. Diagendakan lebih dari 400 peserta sudah mendaftar kegiatan tersebut.(mj)