Ditengah Pandemi Covid19 ToT Dosen Pembimbing Lapangan dan Pembekalan Peserta KKN PPM Dilakukan Secara Daring

Ditengah Pandemi Covid19 ToT Dosen Pembimbing Lapangan dan Pembekalan Peserta KKN PPM Dilakukan Secara Daring

Rabu, 5 Agustus 2020 Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UGJ mengadakan Training of Trainer (ToT), dan pembekalan perwakilan peserta KKN PPM semester genap TA. 2019-2020 secara daring. KKN kali ini diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, FISIP, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.

Kepala LPM dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan KKN PPM semester genap TA. 2019-2020 akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sd 17 September 2020 yang diikuti oleh 1.011 mahasiswa, tema yang diambil pada KKN saat ini adalah “Komitmen Mengabdi dan Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi Covid-19”.

Subtema yang diambil oleh mahasiswa Manajemen adalah Pemberdayaan UMKM dimasa Covid-19, mahasiswa Akuntansi Pemberdayaan Bumdes di masa pandemi covid-19, mahasiswa Fisip subtema yang dapat diambil adalah Peningkatan Kinerja Aparatur di masa Covid-19, mahasiswa Faperta temanya adalah Program Kemandirian Pangan, dan mahasiswa Teknik Sipil sub tema yang diambil Pengembangan infrastruktur wilayah dan kecukupan air baku

Pelaksanaan KKN kali ini berbeda dengan yang sebelumnya karena dilaksanakan pada saat pandemi covid-19, yang sebelumnya KKN dijalankan dengan menginap di salah satu desa yang ditunjuk. Saat ini di era New Normal pelaksanaan KKN dilakukan secara daring. Mahasiswa memilih tema program KKN PPM dan DPL nya, kemudian tempat pelaksanaan KKN sesuai dengan tempat tinggal dari mahasiswa peserta KKN tersebut.

Acara ToT dibuka oleh Rektor UGJ Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si, dalam sambutannya Rektor menyampaikan walau dalam situasi yang serba sulit mahasiswa harus mampu mengimplementasikan kemampuannya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat misalnya dengan mensosialisasikan bagaimana masyarakat bersikap dan bertindak dalam masa era baru dengan merujuk pada protokol Covid-19, melakukan pendampingan UMKM agar tetap eksis dimasa Pandemi dengan melakukan terobosan-terobosan.

Kepada dosen DPL rektor juga meminta agar dapat melakukan bimbingan kepada mahasiswa dengan penuh keikhlasan dan mencurahkan segenap kemampuannya demi kemajuan bangsa melalui keberdayaan desa/ kelurahan khususnya yang menjadi lokasi KKN.