Mahasiswa Siap Lakukan KKN-PPM dengan Protokol Kesehatan Ketat

Mahasiswa Siap Lakukan KKN-PPM dengan Protokol Kesehatan Ketat

Selasa, 9 Februari 2021, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, menyelenggarakan pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) semester ganjil 2020-2021 secara online di Kampus I UGJ. KKN-PPM yang bertemakan “Komitmen Mengabdi dan Memberdayakan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid 19”, berlangsung dari tanggal 9 Februari 2021 sampai dengan 16 Maret 2021.

Dengan memperhatikan kondisi saat ini yang masih dalam keadaan pandemi covid 19, maka kegiatan KKN dilaksanakan dengan mengambil lokasi di tempat tinggal / domisili masing-masing mahasiswa. Pertimbangan lain adalah agar kegiatan KKN dapat menjadi moment bagi mahasiswa untuk lebih mengenal dan dikenal oleh lingkungan tempat tinggalnya. Juga diharapkan sekecil apapun mahasiswa dapat berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Kepala LPM Harmono, SH., MH menyampaikan dalam sambutannya misi dari kegiatan KKN menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di tengah masyarakat, guna mengembangkan jiwa dan sikap ilmiah, kepemimpinan, inisiatif, kreatif, tangguh dan pantang menyerah, serta mengembangkan solidaritas sosial sebagai aset pembangunan daerah hingga nasional dan karakter kebangsaan.

“Tujuan KKN mengembangkan jiwa kepemimpinan, empati, kreatifitas, kerja keras dan karakter kebangsaan pada mahasiswa. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah di tengah masyarakat secara multi disiplin ilmu” ujarnya.

“pada KKN kali ini diikuti  500 orang mahasiswa, yang terdiri dari Fakultas Hukum 175 orang, FKIP sebanyak 240 orang, FISIP sebanyak 4 orang, Fakultas Teknik sebanyak 27 orang dan Fakultas Kedokteran sebanyak 72 orang” tambahnya.

Acara pelepasan peserta KKN-PPM di hadiri Rektor UGJ Prof. Dr. Drs. H. Mukarto Siswoyo, M.Si sekaligus membuka acara, dalam sambutannya menyampaikan KKN merupakan bagian dari kurikulum yang wajib diikuti oleh mahasiswa pada semester tertentu, KKN merupakan suatu kegiatan yang memberikan pembelajaran di tengah masyarakat untuk mempraktekkan ilmu yang di dapat dari bangku perkuliahan di masyarakat dan menimba ilmu dari masyarakat yang tidak ada di kelas. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan softskill nya, mampu bagaimana mengungkapkan persoalan, mampu mengambil keputusan, mampu berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Di tengah pandemi covid 19 tidak menjadi halangan, justru harus menjadi contoh teladan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan benar. Lakukan sosialisasi bagaimana covid 19 ini nyata dan telah banyak memakan korban jiwa dan material. Muatan pengabdian kepada masyarakat harus di kedepankan. Jaga nama baik almamater, jaga kesehatan dan jaga diri”ucapnya.

“Terima kasih kepada Ketua Yayasan beserta jajarannya atas support baik akademik dan non akademik, terima kasih kepada Kepala LPM beserta jajaran dan para dosen pembimbing lapangan, semoga kegiatan ini berjalan lancar” tutupnya.  

Turut hadir pula secara offline pada pelepasan peserta KKN-PPM para Wakil Rektor, para Dekan, para Kepala Lembaga dan Badan di lingkungan UGJ, serta perwakilan mahasiswa.