Menyongsong Karier di Era Digital, UGJ Bekali Ratusan Lulusan

Menyongsong Karier di Era Digital, UGJ Bekali Ratusan Lulusan

Ratusan lulusan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati hadir pada acara Seminar Nasional, Job Fair 2023 yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karier UGJ pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan seminar nasional tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus I UGJ dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III UGJ Dr. H. Komarudin, Drs., M.Pd. hadir pula Wakil Rektor I Dr. H. Jaja, M.Hum, Kepala BPMPI Dr. Edy Hartono, MM, serta para perwakilan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana.

Dengan mengusung Tema “Menyongsong Karier di Era Digital : Kompeten, Berkualitas dan Profesional” diharapkan dapat membekali para lulusan UGJ untuk dapat bersaing di dunia industri dan dunia kerja.

Adapun Narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Disnakertrans Provinsi Jawa Barat Abdul Hamid, S.Pd, M.M. (Fungsional Pengantar Kerja Ahli Madya), Koordinator Pusat Karier Wilayah Jabar Pipin Sukandi, S.E., M.M., Kadin Kota Cirebon H. Dede Muharam, Lc. (Motivator Muslim Entrepreneur)

Dalam sambutannya, Dr. H. Komarudin, M.Pd menyampaikan peserta kegiatan seminar nasional tersebut dihadiri oleh 428 mahasiswa lulusan UGJ dan akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 Agustus 2023 yang diikuti oleh UMKM Kota Cirebon dan perusahaan binaan Kadin Kota Cirebon

“Saya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini dan Alhamdulillah, sesuai dengan peserta yang mengisi Google Form daftar hadir kegiatan ini ada 428 mahasiswa yang hadir secara langsung”, ucapnya.

Job Fair merupakan sebuah tempat untuk mewadahi perusahaan untuk bertemu dengan para pencari kerja profesional, momen job fair menjadi ajang unjuk bakat antar pencari pekerja dengan tujuan untuk dapat menjaring dan mengurangi pengangguran yang ada di sebuah kota atau kabupaten.

“Selain itu salah satu tujuan dilaksanakannya seminar nasional, job fair ini adalah untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang pertama, yaitu lulusan mendapat pekerjaan yang layak. IKU 1 itu menjadi target bagi kita semua (sivitas akademika) untuk mendapatkan lebih cepat pekerjaan yang diharapkan oleh para lulusan”. ujarnya

Lebih lanjut, Dr. H. Komarudin, M.Pd. mengatakan, ”mindset mahasiswa harus dibuka lebih luas lagi, bahwa persiapan setelah kuliah sangat penting”, tegasnya.

“Tantangan yang akan dihadapi teman-teman kedepan semakin tinggi, semoga dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat terbuka wawasannya dan mulai menata dan meningkatkan karier untuk menyongsong masa depan yang lebih baik”, tutupnya.