UGJ Gelar Salat Idul Adha 1445H dan Pemotongan Hewan Qurban

UGJ Gelar Salat Idul Adha 1445H dan Pemotongan Hewan Qurban

UGJ NEWS - Universitas Gunung Jati (UGJ) menyelenggarakan kegiatan salat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445H Senin, (17/06). Kegiatan ini berlangsung di masjid Nurul Ilmi  kampus 1 UGJ.

Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak yang berqurban pada tahun ini.

“Berbahagialah bagi para orang-orang yang berkesempatan berqurban pada tahun ini. Kegiatan ini tidak hanya sebagai wujud ibadah, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama,” ujar beliau.

Rektor juga menegaskan bahwa berqurban adalah salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Sebagaimana disebutkan dalam Hadits Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, pahala bagi yang berqurban tidak hanya didapat saat berniat dan melaksanakan qurban, tetapi setiap tanduk, kuku, hingga setiap helai bulu hewan qurban akan memberikan ganjaran pahala. Hadits tersebut berbunyi:

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Qurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) qurban itu,” (HR. Al-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Ketua panitia Idul Adha menyampaikan  terdapat 52 orang yang menyerahkan hewan qurbannya kepada panitia, terdiri dari 5 sapi dan 18 kambing.

Daging qurban yang telah dipotong kemudian didistribusikan kepada sivitas akademika UGJ, masyarakat sekitar kampus, pesantren, dan  yayasan yatim duafa.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh sivitas akademika dan masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian sosial serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Semoga setiap niat dan amal baik yang dilakukan mendapatkan balasan yang setimpal dari-Nya.