Gelar Apel Kesadaran Nasional, Rektor UGJ Serahkan Sertifikat Kompetensi Profesi kepada 42 Dosen

Gelar Apel Kesadaran Nasional, Rektor UGJ Serahkan Sertifikat Kompetensi Profesi kepada 42 Dosen

UGJ NEWS – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar Apel Kesadaran Nasional yang rutin dilaksanakan. Acara ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika UGJ, termasuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa (19-06-2024).

Pada kesempatan tersebut, Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., selaku inspektur upacara menyampaikan beberapa amanat penting. Salah satu momen istimewa dalam apel kali ini adalah penyerahan sertifikat penghargaan kompetensi profesi kepada 42 dosen yang telah dinyatakan lulus sebagai asesor.

“Baru saja kita menyaksikan penyerahan sertifikat penghargaan kompetensi profesi. Sebanyak 42 dosen telah lulus menjadi asesor yang nantinya akan bertugas di lingkungan UGJ,” ujar Prof. Achmad Faqih.

Dalam amanatnya, Prof. Achmad Faqih juga menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada pemangku kepentingan (stakeholder) perguruan tinggi. Menurutnya, perguruan tinggi yang bermartabat adalah perguruan tinggi yang mengedepankan pelayanan prima.

“Begitu banyak potensi di luar sana yang memiliki pelayanan baik. Maka dari itu, marilah kita tingkatkan pelayanan terhadap stakeholder perguruan tinggi ini, yang mana merupakan salah satu hal terpenting dan tidak boleh terabaikan,” tegasnya.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa saat ini Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon sudah memiliki 11 program studi yang telah terakreditasi A dan Unggul, selain itu target UGJ di tahun 2024 menjadi Universitas Unggul yang sejajar dengan PTN di tingkat Nasional maupun Internasional

Selain itu, salah satu upaya UGJ menjadi perguruan tinggi unggul, dalam waktu dekat Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Pendidikan Sains UGJ akan menyelenggarakan seminar internasional di pekan ini, dan untuk Fakultas Hukum, FISIP, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian akan menggelar seminar internasional di bulan Juli mendatang.

“Kita sudah memiliki modal dasar untuk menjadi perguruan tinggi unggul dari 11 prodi yang sudah terakreditasi Unggul atau A dan insyaallah besok FEB dan FPS UGJ akan menyelenggarakan seminar internasional. Dan untuk Fakultas Kedokteran dan fakultas lainnya insyaallah pada bulan Juli,” lanjutnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa apel ini merupakan momen refleksi bagi seluruh sivitas akademika UGJ untuk terus meningkatkan kualitas dan memberikan kontribusi terbaik dalam dunia pendidikan.

Apel tersebut juga menjadi ajang untuk memperkuat rasa kebangsaan dan kesadaran nasional di kalangan sivitas akademika. Prof. Achmad Faqih menegaskan bahwa UGJ akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan demi kemajuan bangsa.