Delegasi University of Poitiers Beri Kuliah Umum kepada Mahasiswa FK UGJ

Delegasi University of Poitiers Beri Kuliah Umum kepada Mahasiswa FK UGJ

 

UGJ NEWS - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) mengikuti kuliah umum yang dilaksanakan di Ballroom FK UGJ, Jumat (28/6/2024). Kuliah umum ini diisi langsung oleh delegasi dari University of Poitiers, Prof. Christine Imbert dan Cecile Marivingt Mounir.

 

Dekan Fakultas Kedokteran UGJ, Dr. H. Catur Setiya Sulistiyana, M.Med. Ed. menyampaikan dalam kesempatan ini Prof Christine memberikan informasi terkait laboratorium yang ada di University of Poitiers.

 

“Mereka memberikan informasi terkait lab di University of Poitiers dan fokus penelitian mereka. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan hari ini sebanyak 100 orang. Mereka adalah mahasiswa yang berminat mengikuti student exchange,” ujar Dr. Catur.

 

Berkenaan dengan hal tersebut FK UGJ siap berpartisipasi dalam Join Working Discussion (JWG) yang akan diselenggarakan di Kota Surabaya pada tahun 2024.

 

 Acara ini merupakan pertemuan dua tahunan antara perguruan tinggi dari Eropa dan Indonesia, dengan tujuan memperkuat hubungan bilateral dan multilateral antar institusi pendidikan tinggi.

 

Dekan Fakultas Kedokteran UGJ, menyatakan kebanggaannya atas partisipasi UGJ dalam acara bergengsi ini. “Kami sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam JWG 2024 di Surabaya. Ini merupakan kesempatan emas bagi kami untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan perguruan tinggi di Eropa, khususnya Fakultas Kedokteran,” ujarnya.

 

Pada JWG 2022 yang lalu, delegasi dari FK UGJ juga hadir dalam acara yang dilaksanakan di Prancis. "Kami merasa sangat terhormat bisa berpartisipasi dalam JWG sebelumnya di Prancis, dan pada tahun ini kami bahkan menawarkan diri sebagai tuan rumah. Meskipun UGJ tidak terpilih sebagai tuan rumah, kami tetap mendukung penuh penyelenggaraan JWG di Surabaya," tambah Dr. Catur.

 

Salah satu fokus utama UGJ dalam JWG 2024 adalah memperkuat kerjasama dengan Poitiers University dari Prancis. "Kami berharap melalui JWG ini, UGJ dapat menjalin kerjasama yang erat dengan Poitiers University. Kami juga telah menerima dana hibah dari Erasmus for Mobility yang akan mendukung program pertukaran mahasiswa kami," jelas Dr. Catur.

 

Sebagai langkah awal, Poitiers University meminta agar mahasiswa UGJ belajar di laboratorium mereka di Prancis. "Kami telah menyiapkan tiga mahasiswa yang telah lolos seleksi untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa di Poitiers University pada bulan Oktober nanti. Mereka akan menjalani tahap mahasiswa profesi dan seluruh kegiatan ini dibiayai oleh program Erasmus," terang Dr. Catur.

 

Selain itu, UGJ juga sedang mempersiapkan program Erasmus untuk mahasiswa pertukaran dari Eropa yang akan belajar di UGJ. "Kami berharap program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di UGJ, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa kami dan mahasiswa dari Eropa," pungkas Dr. Catur.

 

Dengan partisipasi aktif dalam JWG 2024, FK UGJ bertekad untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu pendidikan kedokteran, serta memperluas jaringan kerjasama internasional demi kemajuan bersama.